/The rule of Thirds
The rule of Thirds 2019-06-17T08:39:21+00:00

THE RULE OF THIRD

Rule of Thirds bisa dibilang merupakan ‘aturan’ komposisi fotografi yang paling terkenal, “Rule of Thirds” adalah salah satu hal pertama yang dipelajari oleh fotografer pemula di kelas fotografi sehingga dapat membantu Anda membuat bidikan yang seimbang dan menarik.

Akan tetapi Juga perlu diingat bahwa “ The Rule Of Thirds “ hanya satu teknik komposisi dari banyak Teknik, kami memiliki beberapa artikel tentang teknik dan aturan komposisi lainnya di sini.

Apa itu ” Rule of Thirds “?

Prinsip dasar di balik Rule of Thirds adalah ketika bidang foto dibagi menjadi tiga (baik secara horizontal maupun vertikal) sehingga Anda memiliki 9 bagian. Sebagai berikut.

Dengan demikian, foto memiliki pertemuan empat titik. Keempat titik pertemuan tersebut bisa disebut sebagai empat titik mata. Dalam aturan “ the rule of thirds “, jika fotografer menempatkan bagian paling menarik dari sebuah foto di salah satu titik tersebut, maka secara keseluruhan foto akan menjadi lebih seimbang dengan hasil yang lebih lebih bagus dan alami.

 

gambar diatas menjadikan mata sebagai titik focus nya

Untuk mahir dalam menggunakan “ the rules of Thirds “ memang membutuhkan waktu , akan tetapi ada dua hal yang menjadi pertanyaan dasar dalam menggunakan Teknik ini , yaitu :

  •                Apa poin yang menarik dalam objek yang saya bidik ?
  •                Di mana saya akan menempatkan mereka ?

Dan akhir kata , Teknik ini tidak hanya berguna pada saat pengambilan gambar , akan tetapi sangat berguna pada saat melakukan edit gambar , dimana alat pengeditan pasca produksi saat ini memiliki alat yang baik dalam memotong dan membingkai ulang gambar sehingga sesuai dengan aturan

WhatsApp chat