/Tips mengambil Foto pada cahaya yang rendah dengan SmartPhone
Tips mengambil Foto pada cahaya yang rendah dengan SmartPhone 2019-06-20T06:23:17+07:00

Tips mengambil Foto pada cahaya yang rendah dengan SmartPhone

Mengambil foto cahaya rendah dengan telepon merupakan tantangan besar bagi fotografer seluler. fitur kamera smartphone semakin canggih, tetapi fotografi dengan cahaya redup pada telepon juga membutuhkan teknik tersendiri
Untungnya ada beberapa tips untuk membantu Anda menemukan solusi kreatif dengan keterbatasan pada ponsel Anda. Jangan khawatir jika gambar Anda tidak bagus pertama kali. Anda akan mempelajari ide-ide baru dan cara untuk mengambil foto dengan cahaya rendah yang lebih baik dengan telepon Anda.

Gunakan Mode manual
Langkah pertama untuk memotret foto kurang cahaya dengan ponsel Anda adalah untuk mendapatkan aplikasi mode manual. Pada mode manual , ponsel memungkinkan Anda mengakses untuk mengubah lebih banyak fitur daripada aplikasi kamera lain. Anda memiliki kontrol lebih banyak menggunakan mode manual. Pilih warna, shutter speed, ISO, dan fokus dengan cepat.

 

  • Memahami ” Triangle Exposure “.
    Mengambil gambar dengan telepon Anda dalam cahaya redup dapat menjadi tantangan jika kita tidak memahami exposure dengan benar. Dalam fotografi, dikenal istilah ” triangle Exposure ” , yang terdiri dari : aperture, shutter speed and ISO. Ketiga elemen ini diperlukan untuk mendapatkan foto yang bagus , Khususnya untuk pengambilan foto pada cahaya redup.
  • Mengatur Shutter Speed
    Shutter speed adalah bagian penting dari salah satu kontrol pada kamera. shutter speed berfungsi mengatur lama waktunya diafragma/rana terbuka. semakin cepat kita mengatur shutter speed, maka dapat tambah sedikit cahaya yang masuk.akan tetapi, semakin lambat kita mengatur shutter speed pada kamera , hasil foto justru dapat nampak blur dan tentu saja ini kita hindari. Jadi, kita perlu memahami ini pada situasi low light.
    Shutter speed diukur dalam detik dan settingnya adalah kelipatan 2. Misalnya sebagai berikut : 1/2000 detik (sangat cepat), 1/1000, 1/500, 1/250, 1/125, 1/60, 1/30, 1/15, 1/8, 1/4, 1/2, 1, 2, 4 dan 8 detik (sangat lambat). Bahkan kamera modern sekarang shutter speed ada yang sangat lambat sampai 30 detik dan ada juga fitur bulb yaitu rana akan terbuka terus sesuai kemauan kita (membuka dan menutup secara manual). Selain itu juga dilengkapi fitur pilihan 1/2 atau 1/3 stop sehingga memungkinkan kita untuk merapatkan setiap kenaikan shutter speed.
    Untuk mendapatkan foto malam atau cahaya rendah yang baik kita bisa mengatur shutter speed antara 1/120 hingga 1/60 untuk pengambilan gambar . Sementara untuk kamu yang tidak mengfungsikan kamera type full frame, idealnya shutter speed yang tepat digunakan saat situasi low light adalah 1/45 detik. Hanya saja, kalau objek foto kamu banyak bergerak, kamu tentu saja perlu untuk tingkatkan shutter speed kamu.
  • Sesuaikan ISO
    SO adalah sensitivitas kamera Anda terhadap cahaya. Semakin rendah ISO semakin tidak sensitif terhadap cahaya. Semakin tinggi ISO, semakin besar sensitivitas terhadap cahaya. Di ponsel Anda, ISO terendah biasanya 100 dan ISO dasar Anda. ISO tertinggi adalah 800. Dengan menggunakan ISO Anda dapat meningkatkan kualitas fotografi Anda dalam situasi cahaya rendah. Alih-alih menggunakan flash, Anda dapat meningkatkan ISO Anda. Dengan mengaturnya ke angka yang lebih tinggi yang memungkinkan lebih banyak cahaya masuk ke gambar. ISO otomatis terkadang dapat bekerja dengan baik dalam situasi cahaya redup untuk meningkatkan gambar Anda.
  • White Balance.
    Pernahkah anda mengambil gambar , dan hasilnya warnanya berbeda dengan gambar aslinya ? ya memang terlihat aneh , akan tetapi Sensor kamera mendeteksi sumber cahaya sebagai warna atau suhu yang berbeda.Saat mengambil gambar di malam hari white balance sering terlihat biru. Untuk mengatur keseimbangan putih pada ponsel, cari ikon. Singkatan ikon adalah AWB. Jika Anda menggesernya ke kanan ke kiri Anda dapat melihat perubahan .Menyesuaikan white balance dengan mode manual pada ponsel dapat membuatnya sehingga gambar Anda terlihat nyata
  • Jaga Kestabilan
    Dalam mengambil foto pada malam hari atau cahaya yang minim , anda pasti memerlukan stabilizer atau minimal tripod , sekarang gimbal stabilizer banyak yang sudah dibuat khusus untuk smartphone , bahkan dilengkapi dengan tripod, dan biasanya pada gimbal merk tertentu juga dilengkapi oleh aplikasi yang mendukung untuk mengabil gambar pada malam hari

Demikian Beberapa Tips mengambil Foto pada cahaya yang rendah dengan SmartPhone

 

 

 

WhatsApp chat